Friday, September 15, 2006

Moon Cakes (月饼)


Sebentar lg dah mau ada moon cakes festival. Di Singapur dah banyak tuh yg mulai jualan. kemaren baru ke Takashimaya testing macem2 moon cakes. dari yg traditional baked mooncakes (烘皮)sampe yg snow skin (冰皮). Kalo yang traditional sih di Jakarta juga dah banyak tuh. Umumnya sih rata2 isinya White Lotus paste (白连蓉), tapi ada juga yg lainnya seperti mix nuts, red lotus paste (红莲蓉), golden jade (金翡翠). Sedangkan yang snow skin yg disebut jg 冰皮 (kalo di artiin ke bhs indo itu kulit es). Ada macem2 yg snow skin dari yg durian, green tea, strawberry, banana, sesame, orange sampe champagne truffle, bahkan ada juga yg baileys. Jadi kalo ada yg lagi pas jalan2 ke sini n waktu moon cake festival. Snow skin moon cakes itu harus di coba.

Yang recommended disini: Buat snow skin durian dari Goodwood park hotel. Wuah rasa durian nya terasa banget tuh. Harga yg juga cukup mahal sih buat 4 biji itu sampe $ 41.30. tapi rasa durian nya itu wuahh terasa banget tuh. Selain durian rasa cempedak juga enak.

Sedangkan moon cakes snow skin dr raffles hotel selalu unique, mereka hanya ada mini snow skin dan rasanya itu eunak banget. ada rasa champagne truffles and ganache mooncakes; rum and raisin chocolate truffles mooncakes yg di dalem moon cakes nya ada isi coklat truffles. Sekarang dia juga keluarin rasa baru yaitu baileys dan crunchy chocolate pearl mooncakes. kemaren dah icip2 yg snow skin baileys. wuah enak banget tuh. rasa baileys nya berasa banget.

Kalo yg traditional mooncakes (白连蓉)yg dr raffles hotel atau bengawan solo juga cukup enak.

Tapi untuk snow skin mooncakes (冰皮月饼) itu ngga bisa tahan lama n harus taruh di freezer karena kulitnya itu bukan di panggang (baked). dan biasanya harus di konsumsi paling lama 10 hari. jadi snow skin moon cakes selalu fresh.

Nah kalo mau coba bikin snow skin mooncakes nih ada resep nya:http://wineanddine.asiaone.com.sg/recipes/festive/20010822_001.html

Oh ya mengenai lokasi nya itu kalo goodwood park hotel ada di scotts road, kalo raffles hotel deket MRT city hall tuh. kalo bengawan solo cukup banyak outlet nya. diantaranya di Takashimaya B2, Junction 8 di Bishan, Airport T1. Tapi pada umumnya mooncakes yg dr hotel2 biasanya suka buka stand di mall2 seperti Takashimaya, Raffles City, Junction 8, Plaza Singapura. Jadi ngga susah lah cari nya.

2 comments:

doc_wong said...

Waks...
Bikin ngiler abis!
Di Indo jenis2nya terbatas banget.

Jadi kalo di sgp, yg rasa duren bisa dibawa masuk MRT dong...

Mau dong yang rasa duren!

Anonymous said...

Di JKT sdh byk resto / hotel yg buat snow skin moon cake ^-^
Salah satunya samudera, imperial, hotel nikko, shangrilla, dll.

salam, muli